fbpx
Connect with us

Pendidikan

Dianggap Berbahaya Karena Berada Tepat di Bahu JJLS, SD Negeri Ini Akan Direlokasi

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul saat ini tengah membahas tentang relokasi SD Negeri Sawah yang berada di Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang. Namun demikian, belum dapat dipastikan terkait dengan kapan relokasi sekolah yang berada tepat di pinggir JJLS ini.

Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan, pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengab Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdipora) Gunungkidul serta Kundha Niti Mandala Sarta Tata Laksana Gunungkidul terkait dengan relokasi sekolah dasar tersebut. Walau demikian, menurut Sri, sejumlah hal yang dibahas tersebut masih sebatas perencanaan dan pembahasan untuk menentukan langkah yang lebih jauh.

“Pada dasarnya rencana relokasi ini tetap berjalan,” kata Sri Suhartanta, Jumat (09/10/2021) kemarin.

Relokasi sekolah ini nantinya tetap dilaksanakan sesuai dengan kemampuan anggaran pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Relokasi menjadi sangat penting nantinya agar tidak membahayakan para pelajar dan orang tua saat berada di sekitar lingkungan sekolah. Sebab semenjak dibangunnya JJLS, sekolah ini memang tepat berada di bibir bahu jalan.

“Untuk tahun 2022 besok masih belum masuk perencanaan, namun tetap terus dikoordinasikan,” paparnya.

Sri Suhartanta menyebut, perencanaan menjadi sangat penting lantaran rencana program ini memang harus disesuaikan dengan kondisi daerah. Sebab seperti diketahui, anggaran yang ada saat ini masih difokuskan untuk penanganan covid19 di Kabupaten Gunungkidul. Hal tersebut memang membuat sejumlah kegiatan belum bisa diterapkan secara maksimal.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Sudya Marsita. Berkaitan dengan relokasi ini masih dalam pembahasan bersama. Walau begitu, pihaknya sudah mendapatkan lokasi anyar untuk calon lahan SD Negeri Sawahan.

“Sudah dapat lahan penggantinya. Nanti untuk pembebasan lahannya akan dikoordinasikan kembali,” ucapnya.

Berkaitan dengan relokasi ini memang dibutuhkan. Namun demikian, jika melihat kemampuan anggaran dirasa belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Mendesak tapi untuk lokasi gedung yang sekarang masih aman untuk pembelajaran para siswa,” tutup Sudya Marsita.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler