fbpx
Connect with us

Pendidikan

Jadi Langganan Banjir, Bangunan SMP Negeri 3 Saptosari Segera Direlokasi

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Sebagai langkah penanggulangan bencana banjir yang terjadi di musim penghujan, pemerintah kabupaten Gunungkidul akan melakukan relokasi sekolah yang tahun 2017 lalu terdampak badai Siklon Cempaka. Tahun 2020 ini pemerintah akan merelokasi gedung SMP Negeri 3 Saptosari yang 3 tahun silam terendam banjir cukup parah, mengingat letaknya berada di titik rendah sehingga terendam banjir.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama Disdikpora Gunungkidul, Kisworo mengatakan, mengatakan akan segera merelokasi sekolah yang menjadi langganan banjir. Beberapa tahun terakhir SMP Negeri 3 Saptosari selalu terendam banjir saat musim penghujan. Aktifitas belajar mengajar pun sempat terbengkalai, bahkan beberapa berkas penting juga terbawa arus banjir.

“Ada bantuan anggaran digunakan untuk penanggulangan bencana,” kata Kisworo, Rabu (12/02/2020).

Adapun nantinya relokasi sendiri tidak begitu jauh dari titik semula. Hanya berada di seberang jalan yang dianggap lebih aman. Dalam relokasi ini ada sejumlah gedung yang akan dibangun mulai dari 6 ruang kelas, perpustakaan, labotatorium IPA, ruang pimpinan, ruang guru, ruang tata usaha, ruang ibadah, UKS dan beberapa komponen lainnya.

Berita Lainnya  Libatkan Siswa Kelola Langsung Koperasi Sekolah, SMK N 1 Nglipar Juarai Lomba Koperasi Gunungkidul

“Untuk pembebasan lahan sendiri telah terlaksana menggunakan APBD, tinggal proses penyempurnaan DED dan pelaksanaan,” tambah dia.

“Mungkin bulan Maret atau April sudah bisa mulai pembangunan. Karena bulan September sudah harus selesai. Untuk bangunan lama belum tahu mau digunakan untuk apa, nanti akan diserahkan ke bagian asset daerah,” imbuh dia.

Selain itu, jajaran Disdikpora serta lembaga lainnya telah melakukan pemetaan wilayah khususnya banjir yang dapat terjadi di musim kemarau. Untuk penanganannya sendiri disesuaikan dengan kriteria di masing-masing daerah, jika memang sekiranya memungkinkan dilakukan antisipasi awal maka dilakukan tindakan ringan dan cepat.

Namun jika dirasa perlu dilakukan reloksi atau penanganan lainnya maka segera ditindak lanjuti dengan berkoordinasi bersama sejumlah OPD lainnya.

Berita Lainnya  Jalin Kerjasama Dengan SMKN 1 Wonosari, UNY di Gunungkidul Buka Pendaftaran Mulai Mei Mendatang

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan jika mendasar pada peristiwa Badai Siklon Cempaka di tahun 2017 lalu Gunungkidul mendapatkan bantuan dari Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) sebesar lebih dari 9 miliar rupiah. Dana tersebut akan digunakan untuk relokasi SMP Negeri 3 Saptosari.

“Untuk prosesnya sedang berlangsung di BLP yakni berkaitan dengan lelang,” ujar dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler