fbpx
Connect with us

Sosial

Jelang Coblosan Pilkades, Warga Ramai-ramai Tunggu Munculnya Pulung

Diterbitkan

pada tanggal

Paliyan,(pidjar.com)–Banyak hal unik dan menarik yang mengiringi setiap hajatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Dalam ajang politik paling rendah dalam sistem ketatanegaraan ini, banyak hal yang cenderung mistis yang masih dipercaya masyarakat. Selain ketokohan maupun pergerakan kampanye, dalam setiap kali Pilkades digelar, masyarakat banyak menunggu munculnya Ndaru Kekuasaan atau juga disebut Pulung Kekuasaan. Meski tidak ada penjelasan secara keilmuan, pulung ini secara turun menurun dipercaya masyarakat muncul pada saat-saat menjelang pencoblosan. Saking menariknya, ada sebagian warga yang rela begadang setiap malam guna melihat fenomena ini.

Dalam kepercayaan warga masyarakat, setiap tokoh yang area rumahnya muncul pulung, maka dialah yang akan terpilih menjadi Kepala Desa.

Menanggapi fenomena pulung kekuasaan yang banyak dipercaya masyarakat Gunungkidul ini, salah seorang tokoh masyarakat sekaligus sejarawan Gunungkidul, CB Supriyanto, menyebut bahwa hal tersebut hanyalah sebuah mitos. Keberadaan mitos sendiri, menurut CB bisa terjadi lantaran banyak yang mempercayainya.

“Memang sampai saat ini masih banyak yang mempercayai, tapi tidak semua orang bisa melihatnya melainkan hanya orang tertentu,” ucap CB Supriyanto, Senin (18/11/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, memang sejak dahulu, keberadaan pulung kekuasaan dipercaya menjadi penentu calon penguasa. Pulung sendiri bisa terlihat antara tiga hingga empat hari menjelang pemilihan lurah.

Berita Lainnya  Sudah Enggan Ikut KB, Banyak Terjadi Kasus Kehamilan Berbahaya di Usia 40an

“Kadang ada yang sebenarnya tidak lihat, tapi ngomong kalau melihat akhirnya menjadi rumor dan dipercayai. Ini yang terjadi,” beber Ketua Dewan Kebudayaan Gunungkidul ini.

Sementara itu, antusiasme menyaksikan munculnya pulung kekuasaan menjelang Pilkades ini sangat terasa di kalangan warga Padukuhan Karangasem, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan. Sejak beberapa waktu lalu, banyak masyarakat yang memilih tidak tidur untuk menanti munculnya pulung kekuasaan. Desa Karangasem sendiri memang beberapa hari mendatang akan menggelar Pilkades serentak.

“Kami banyak yang menanti di sawah timur desa, warga sendiri mulai begadang dari malam Minggu kemarin,” ucap salah seorang warga, Nanda.

Menurut Nanda, ada beberapa hal yang membuat ia bersama warga lainnya penasaran. Selain wujud asli dari pulung, ia juga penasaran siapa nantinya kandidat yang akan terpilih untuk memimpin Karangasem ke depan. Menjadi kepuasan baginya jika bisa mengetahui hasil pemilihan sebelum hari H pelaksanaan. Nanda sendiri mengaku selama ini belum pernah melihat keberadaan pulung kekuasaan setiap kali Pilkades di desanya.

Berita Lainnya  Layanan SIM dan Samsat Keliling Malam Hari Kembali Digelar Hingga Akhir Juni, Ini Jadwalnya

“Kami hanya penasaran saja, biasanya lima hari sebelum pencoblosan katanya pulung akan terlihat jelas di sekitar rumah calon kepala desa yang akan jadi,” tandas dia.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler