fbpx
Connect with us

Budaya

Lestarikan Tradisi Nyadran, Ratusan Warga Kembul Ingkung di Sendang Tanjungsari

Diterbitkan

pada

BDG

Nglipar, (pidjar.com)– Ditengah modernisasi zaman, warga Padukuhan Nglebak, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar masih mempertahankan tradisi peninggalan leluhur. Ratusan warga tampak tumpah ruah memadati area Sendang Tanjungsari untuk melaksanakan prosesi nyadran. Tradisi ini sudah berlangsung ratusan tahun lalu sebagai bentuk rasa syukur atas melimpahnya hasil panen masyarakat setempat.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Sumardi Purwowarsito, mengatakan upacara nyadran yang masih dilestarikan masyarakat dimaksudkan untuk mensyukuri dan melestarikan keberadaan sumber mata air atau Sendang Tanjungsari yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau. Selama berabad-abad disebutnya warga sudah memanfaatkan sumber air ini untuk berbagai kebutuhan. Sehingga setiap tahunnya warga secara rutin membersihkan area sendang yang dilanjutkan dengan prosesi kenduri nyadran.

Berita Lainnya  Dibangun Dengan Joglo Wah, Balai-balai Padukuhan di Ngawen Ini Jadi Yang Termewah di Gunungkidul

“Prosesi upacara adat ini juga sebagai bentuk rasa syukur atas panen hasil bumi selama satu musim ini,” jelasnya.

Dijelaskannya, prosesi upacara adat nyadran diawali dengan datangnya warga yang membawa nasi giling, ingkung ayam, dan ubo rampe lainnya. Selanjutnya warga akan membagi dan membungkus nasi menggunakan daun jati untuk nantinya dibagi rata ke warga yang hadir.

“Setelah pembacaan do’a selesai, paket nasi dan lauknya dibagikan ke warga yang datang,” imbuhnya.

Salah satu warga setempat, Sumardi, mengatakan tradisi ini merupakan peninggalan leluhur yang harus dilestarikan. Sejak ia kecil, tradisi nyadran di Sendang Tanjungsari disebutnya sudah ada sehingga kemungkinan tradisi ini sudah berjalan ratusan tahun lalu. Ia dan warga lainnya percaya nasi yang dibagikan saat nyadran dapat membawa kebaikan bagi kehidupan warga setempat.

Berita Lainnya  Pentas Online, Obat Kangen Untuk Pecinta Seni di Gunungkidul

“Ya harapannya bisa dijauhkan dari segala bala dan juga hasil panen disini meningkat,” tutup Sumardi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler