fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Meski Pandemi, Perusahaan Tetap Wajib Bayarkan THR

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan sebuah kewajiban yang harus diberikan oleh perusahaan menjelang hari raya keagamaan. Saat ini, pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mendorong perusahaan-perusahaan yang ada di Gunungkidul untuk tetap memberikan THR bagi karyawannya.

Kepala Seksi Hubungan Industrial dan Perlindungan Pekerja, Bidang Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Koperasi, UKM Tenaga Kerja Gunungkidul, Mariana mengatakan, meski masih dalam situasi pandemi, perusahaan tetap wajib untuk memenuhi kewajiban mereka berkaitann dengan THR.

“Sambil menunggu kebijakan di tengah pandemi ini, kami tetap mengarahkan agar perusahaan nantinya melakukan pemenuhan kewajiban mereka,” kata Mariana, Kamis (14/04/2022).

THR ini wajib diberikan terlebih bagi karyawan yang telah bekerja bertahun-tahun. Biasanya jika tidak bisa penuh satu gaji, nantinya ada kesepakatan khusus antara perusahaan dengan karyawan mereka.

Mariana menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemda DIY dan pihak terkait lainnya perihal pembayaran THR. Nantinya, tim akan melakukan monitoring langsung ke perusahaan terkait pemberian THR pada pegawai.

Berita Lainnya  PT Woonel Tolak Anjuran Disnakertrans, Serikat Buruh Ancam Gugat dan Laporkan ke Rekanan Buyer

Dirinya menegaskan, posko pengaduan juga akan didirikan di Kantor Dinas Perindustrian DIY. Pekerja yang menghadapi permasalahan pembayaran THR bisa melapor dengan datang secara langsung ke posko dan memberikan laporan terkait dengan kondisi yang dihadapi.

“Dari laporan ini nanti baru akan diklarifikasi ke perusahaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Staf Hubungan Industrial, Bidang Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Koperasi, UKM Tenaga Kerja Gunungkidul, Budi Hartono mengatakan, posko ini nantinya didirikan oleh Pemda DIY. Sebab pengawasan berada di instansi tersebut. Pemkab Gunungkidul sendiri memiliki peranan turut menindaklanjuti laporan tersebut.

“Tahun kemarin tidak ada yang laporan, tahun ini mudah-mudahan semua berjalan baik,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler