fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembangunan Jalan Tawang-Serut Dilanjutkan, Pemerintah Alokasikan Dana 7,9 Miliar

Diterbitkan

pada

BDG

Gedangsari,(pidjar.com)– Proyek pembangunan jalan di kawasan utara Gunungkidul kembali dilanjutkan oleh pemerintah. Jalan sepanjang 8,2 kilometer akan segera dibangun oleh pemerintah untuk memudahkan akses masyarakat lokal dan menjadi jalur alternatif baik wisatawan maupun warga lain yang hendak keluar masuk Gunungkidul dari sektor utara. Rabu (24/05/2023) pagi tadi, Bupati Sunaryanta bersama dengan OPD lainnya melakukan peletakan batu pertama pada proyek pembangunan tersebut.

Proyek pembangunan jalan di sektor utara ini telah digagas dan dieralisasikan oleh pemerintah sejak beberapa tahun lalu. Tentunya untuk mengerjakan mega proyek ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dan tentunya anggaran yang sangat besar. Setiap tahun pengerjaan pada segmen-segmen yang telah ditentukan selalu dilakukan.

Berita Lainnya  Duh... Dua Kecamatan Ini Masuk Dalam Kategori Kumuh

Di tahun 2023 ini, pemerintah menyasar segmen Tawang-Serut agar jalan yang mulus dan lebar dapat segera terhubung dan memudahkan mobilitas masyarakat maupun menujang kegiatan pariwisata. Ruas ini merupakan segmen pembangunan terpanjang dibandingkan dengan segmen-segmen lainnya. Ditahun ini, jalan sepanjang 8,2 km akan segera dikerjakan oleh pihak kontraktor.

“Proses lelang telah dilakukan. Pada ruas jalan Tawang-Serut ini pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 7,98 miliar,” terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul, Irawan Jatmiko.

Dijelaskan, proses lelang telah dilakukan beberapa waktu lalu. CV Tirto Wening merupakan pemenang lelang yang akan segera merealisasikan pembangunan di ruas jalan tersebut. Adapun sesuai dengan kontrak waktu pelaksanaan akan dilakukan selama 150 hari kalender. Tanggal kontrak mulai 9 Mei 2023.

Berita Lainnya  Banyak Pegawai Pensiun, Pemerintah Mulai Ajukan Kebutuhan Ratusan Pegawai Anyar

“Pagi tadi kami lakukan peletakan batu pertama bersama Bupati Gunungkidul sekaligus sosialisasi dengan masyarakat sekitar,” ujar dia.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPRKP, Wadiyana mengatakan untuk upaya penanganan pembangunan di jalan Tawang-Serut ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diperoleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Dengan pembangunan yang kian masif ini diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Harapan besar pemkab untuk kesejahteraan masyarakat tentunya. Perekonomian akan tumbuh dengan sendirinya dengan dilakukan rekonstruksi jalur yang menghubungkan dengan jalan baru. Peluang-peluang yang ada harapan kami juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Wadiyana.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler