fbpx
Connect with us

Budaya

Pembukaan Cupu Kyai Panjala Akan Diselenggarakan Besok, Sejumlah Persiapan Mulai Dilakukan

Published

on

Panggang,(pidjar.com)—Tradisi pembukaan Cupu Kyai Panjala dipastikan akan dilangsungkan pada Senin, 25 Oktober 2021 besok. Rangkaian dari kegiatan ini sendiri sudah dilakukan sejak Sabtu (23/10/2021) kemarin, dimana telah diselenggarakan sedekah laut. Adapun dalam kondisi pandemic covid19 yang masih, dalam pelaksaaan rangkaian pembukaan cupu Kyai Panjala akan dilakukan dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat.

Sebagai informasi, pembukaan Cupu Kyai Panjala tradisi tahunan yang di gelar di rumah trah Cupu Kyai Panjala, tepatnya di Padukuhan Mendak, Kalurahan Girisekar, Kanapewon Panggang. Menoleh ke belakang, sebelum adanya pandemic covid-19, ritual tersebut cukup menarik pengunjung.

Biasanya, pengunjung yang datang tidak hanya dari warga lokal Gunungkidul sja, melainkan juga dari luar kabupaten hingga luar provinsi. Kedatangan mereka sendiri ingin mengetahui sejumlah gambar yang ada di puluhan lembar kain penutup cupu. Masyarakat banyak yang mempercayai gambar tersebut sebagai gambaran atau ramalan pada satu tahun ke depan setelah pembukaan.

Plt Lurah Girisekar, Angga Dwi Cahyana mengatakan, berkaitan dengan pembukaan Cupu Kyai Panjala ini akan diselenggarakan pada Senin 25 Oktober besok atau malam Selasa Kliwon. Adapun persiapan sudah mulai dilakukan, Sabtu kemarin sebagai salah satu rangkaian acara  warga Kalurahan Girisekar mengadakan sedekah labuh. Meski diselenggarakan secara sederhana dengan pembatasan peserta sedekah labuh namun tidak mengurani nilai esensial dari tradisi ini.

Sedekah labuh diawali dengan kirab sederhana oleh perwakilan warga dari setiap Padukuhan, dengan menggunakan pakaian adat JAwa warga ini mengarak makanan dan uborampe yang akan digunakan untuk genduri di Pendopo Balai Kalurahan Girisekar kemudian setelah dilakukan doa bersama dan genduri, makanan yang dibawa tersebut dibagi-bagikan.

“Iya untuk Sedekah Labuh ini merupakan rangkaian kegiatan sebelum dilakukannya Pembukaan Cupu Kyai Panjala. Untuk pelaksanaan bukaan sendiri akan dilakukan pada Senin besok,” kata Angga Dwi Cahyana, Minggu (24/10/2021).

“Untuk hari ini tidak ada kegiatan, nantinya segala persiapan dan kegiatan berpusat di rumah pak Dwijo Sumarto,” jelas dia.

Ia menjelaskan berkaitan dengan persiapan lainnya, beberapa waktu lalu pemerintah kalurahan Girisekar sudah mengirimkan surat ke Satgas Gugus Covid19 Kabupaten Gunugkidul untuk penyelenggaraan tradisi tahunan tersebut. adapun dari kalurahan dan panitia penyelenggaraan tradisi pembukaan Cupu Kyai Panjala tersebut berkomitmen untuk menerapkan protocol kesehatan secara ketat.

“Pembatasan pengunjung juga diterapkan,” imbuh dia.

Seperti Pembukaan Cupu Kyai Panjala tahun lalu, nantinya akan dibagi menjadi beberapa ring agar tidak terjadi kerumunan. Ring pertama di dalam rumah Dwijo maksimal 35 orang, kemudian ring kedua di sebelah selatan rumah diperuntukkan bagi tamu undangan. Sedangkan sebelah timur rumah untuk pengunjung.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler