fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pemerintah Dorong Pembangunan SPBU di Kawasan Selatan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Perkembangan kawasan selatan saat ini sangat pesat. Terlebih lantaran saat ini, pembangunan infrastruktur di kawasan ini terus dikebut oleh pemerintah. Dengan perkembangan wilayah yang cukup tinggi ini, sejumlah sektor usaha menjadi bahan bidikan para investor di kawasan ini. Sektor usaha yang dibidik oleh para pemilik modal yang ingin masuk ke kawasan selatan adalah pendirian SPBU. Mengingat selama ini di kawasan utara dan selatan masih sangat minim adanya tempat pengisian bahan bakar kendaraan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Johan Eko Sudarto mengungkapkan, para pemilik modal telah memetakan sejumlah titik di kawasan selatan yang sekiranya strategis untuk dibangun sebuah SPBU. Tidak menutup kemungkinan, seiring gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan, para pengusaha sudah mulai ancang-ancang.

“Kita terus berkomunikasi dengan Hiswana Migas untuk segera melakukan realisasi jika memang ada pengusaha yang tertarik melakukan pendirian SPBU di wilayah selatan,” kata Johan Eko Sudarto, Jumat (18/06/2021).

Pendirian SPBU di kawasan selatan tentunya sangat digadang-gadang oleh masyarakat setempat sebagai bentuk pemerataan pelayanan energi. Sebab selama ini mereka harus menempuh perjalanan jauh ke kota Wonosari atau Bantul untuk membeli BBM dalam jumlah banyak.

“Selain SPBU kita juga mendorong BUMDes untuk bekerjasama dengan Pertamina dalam pendirian Pertashop,” imbuhnya.

Namun begitu, Disperindag Gunungkidul berkaitan dengan hal ini tak bisa berbuat banyak. Pihaknya hanya sekedar memiliki kewenangan dalam merekomendasi dan memantau pendistribusiannya. Pengontrolan tera ulang di SPBU juga menjadi kweajiban dinas agar tidak ada manipulasi atau kecurangan yang menguntungkan pihak tertentu. Sementara untuk pengawasan yang lainnya, merupakan ranah Pertamina.

Sales Branch Manager (SBM) PT Pertamina Rayon III Yogyakarta yang membawahi Gunungkidul dan Bantul, Joko Priambodo menambahkan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan sejumlah pemilik modal untuk pembangunan SPBU di kawasan selatan. Namun meski demikian, hal tersebut masih sebatas rencana saja. Tindak lanjut dan penentuan titik pun belum dilakukan atau masih tahap awal.

“Kalau Pertashop awalnya 3 yang dikelola oleh BUMDes kemudian saat ini meluas ada yang sudah operasi lagi dan ada yang sedang pengajuan,”ucap Joko Priyambodo saat dihubungi.

Adapun Pertashop yang sudah beroperasi di kawasan selatan adalah di Kalurahan Girimulyo, Kapanewon Panggang. Sedangkan yang masih pengajuan adalah di Kalurahan Jetis, Kapanewon Saptosari.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler