fbpx
Connect with us

Sosial

Jadi Wilayah Langganan Kekeringan, Polda DIY Tanam Ratusan Pohon dan Bangun Sumur Bor di Mertelu

Diterbitkan

pada tanggal

Gedangsari,(pidjar.com)–Kecamatan Gedangsari merupakan salah satu wilayah yang selalu mengalami kesulitan air bersih saat kemarau tiba. Merespon hal itu, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) DIY bersama sejumlah pihak melakukan penanaman ratusan pohon dan peresmian sumur di wilayah Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kamis (02/01/2020). Diharapkan dengan kegiatan tersebut nantinya dapat mengatasi permasalahan air yang selama ini menjadi momok.

Wakapolda DIY, Brigjen Pol Karyoto mengatakan, pihaknya sangat prihatin ketika mendengar kabar wilayah Gedangsari ketika musim kemarau tiba. Pasalnya di wilayah itu kerap muncul di pemberitaan akan sulitnya air.

“Dengan diresmikannya sumur ini dengan debit air yang besar ini mampu mengatasi masalah kesulitan air. Sumur ini bisa mencukupi 4 RT,” terang Wakapolda.

Dirinya juga mengapresiasi masyarakat yang telah menyambut baik kedatangan rombongan dari Polda DIY tersebut. Selain itu, dirinya juga berharap kepada masyarakat agar tetap menjaga kelestarian lingkungan sehingga air nantinya dapat terus ada di sumur tersebut.

Berita Lainnya  Tunjangan Anggota Polri Segera Naik 70%, Kapolres : Naik Atau Tidak Naik Pelayanan Tetap Maksimal

“Kita jaga dan rawat bersama lingkungan kita ini. Agar nanti ada air terus mengalir dan dapat dimanfaatkan,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga melakukan penanaman pohon. Diharapkan pohon tersebut nantinya dapat menjaga air tetap ada dan menjauhkan warga dari ancaman tanah longsor.

“Pohon adalah tanaman yang penting bagi kelasungan hidup manusia oleh sebab itu kami mengajak untuk menjaga pohon yang kami tanam demi kelangsungan hidup,” jelasnya.

Sementara itu, Dukuh Mertelu Sukimin, sangat berterimakasih dengan bantuan yang telah diberikan. Menurutnya dengan adanya sumber air ini dapat berguna bagi sekitar 500 warga yang ada di wilayah tersebut.

“Kami berterimakasih kepada kepada seluruh pihak, karena bantuannya telah menolong 532 jiwa warga Mertelu yang kekurangan air bersih,” ucap dia.

Dalam giat tersebut dirinya juga berharap ada bantuan untuk renofasi masjid. Pasalnya hanya terdapat satu masjid yang kondisinya kini sudah memperihatinkan.

Berita Lainnya  Tokoh Agama Berkumpul di Mapolres, Sepakat Berantas Radikalisme Agar Gunungkidul Tetap Adem Ayem

“Tadi kita mendapat jawaban akan ada upaya bantuan pembangunan masjid. Karena masjid merupakan tempat ibadah kami sangat senang,” jelasnya.

Perlu diketahui kegiatan peresmian sumber air dan lenanaman pohon tersebut terselengara atas kerjasama Polda DIY, Kanwil Kementrian Agama DIY dan Komunitas Selembar Daun di Dusun Mertelu, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari. Kegiatan Penanaman pohon di Padukuhan Mertelu merupakan program pemerintah yang dilaksanakan oleh Polda DIY dan jajaran dengan kode sandi #polrimenanamsejutapohon yang bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler