fbpx
Connect with us

Sosial

Operasi Knalpot Blombongan, Polisi Telah Amankan Ratusan Motor

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul terus melakukan operasi terhadap kendaraan yang dinilai tak laik jalan. Sejak beberapa waktu terakhir ini, operasi difokuskan pada penggunaan knalpot blombongan. Hingga beberapa bulan sejak operasi dilakukan, ratusan motor berknalpot blombongan ditindak oleh petugas.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus menuturkan, operasi penertiban sendiri telah digelar sejak Maret 2021. Selama 3 bulan operasi ini dilangsungkan, pihaknya telah menindak 184 motor berknalpot blombongan. Polisi sendiri langsung menerapkan tindakan tegas dengan mengamankan kendaraan serta menjatuhkan sanksi berupa tilang.

“Kendaraan yang diamankan dari berbagai macam jenis, yang jelas knalpotnya tidak standar,” ungkap Martinus, Kamis (17/06/2021).

Dijelaskannya, ada beberapa pertimbangan yang kemudian membuat pihaknya memutuskan untuk mengambil langkah tegas. Diantaranya adalah kendaraan dengan knalpot yang tidak sesuai standar tersebut sangat mengganggu pengguna jalan yang lain melalui polusi suaranya. Selain itu, knalpot yang tak standar ini juga dapat mempercepat kerusakan pada kendaraan.

“Karena mesin dipaksakan bekerja tidak sesuai dengan kemampuannya tentu beresiko cepat rusak,” jelasnya.

Martinus menambahkan, dasar pertimbangan penindakan adalah yang sesuai dengan peraturan Kementrian Perhubungan Darat. Di mana knalpot yang dinilai laik adalah harus sesuai dengan spek teknis yang ada dalam uji kelaikan jalan. Ia menegaskan, kendaraan yang tidak menggunakan knalpot sesuai standar, dalam hal ini knalpot blombongan, tidak boleh beroperasi di jalan.

Berita Lainnya  Agus Wibowo, Alumnus SMA N 2 Wonosari Jadi Pengganti Almarhum Sutopo Purwo Nugroho di BNPB

“Berdasarkan data yang masuk ke kami, rerata pengguna yang kita tilang juga masih pelajar. Motor mereka modif tidak sesuai spesifikasi,” kata Martinus.

Adapun tilang untuk kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi ini akan berlangsung setiap hari. Ia mengimbau pengendara sepeda motor harus menggunakan kendaraan sesuai spesifikasi ketika di jalan.

“Disiplin berlalu lintas kelaikkan kendaraan harus diperhatikan betul, kami akan tindak tegas para pelanggar,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler