fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pertumbuhan Ekonomi Gunungkidul Tertinggi Kedua di DIY, Pertanian Jadi Penyumbang Terbesar

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gunungkidul tahun 2021 mengalami perkembangan yang positif. Pertumbuhan ekonomi di bumi handayani tumbuh hingga 5,22 persen. Pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi kedua di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setelah Kabupaten Sleman. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kondisi ini, sektor pertanian yang memang jumawa meski diterjang pandemi menjadi penyumbang terbesar.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Gunungkidul, Rintang Awan Eltribakti Umbas mengatakan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Gunungkidul pada tahun 2021 ini mencapai Rp20,24 triliun. Pertanian sendiri menyumbang PDRB sebesar 23,69% dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gunungkidul tahun 2021. Selama pandemi covid19 pertanian lah yang masih dapat konsisten bertahan. Sektor lain yang memiliki sumbangsih besar yaitu sektor informasi komunikasi 9,46%, konstruksi 9,44%, perdagangan 8,93% dan industri sebesar 8,82%.

Berita Lainnya  Bantuan Puluhan Peti Jenazah Untuk Pasien Covid19 Yang Meninggal Saat Isoman

Sedangkan sisanya, sebesar 39,66% disumbang dari sektor lain seperti jasa pendidikan, akomodasi makan dan minum, transportasi, real estat, jasa lainnya, kesehatan, keuangan, pertambangan, perusahaan, pengadaan air listrik dan gas.

“Meski pada PDRB sektor pertanian masih lebih tinggi, namun laju pertumbuhannya rendah. Masih lebih tinggi sektor pariwisata dengan 18,37 persen dan informasi komunikasi yang mencapai 16,87 persen. Pariwisata pada saat itu tinggi karena adanya pelonggaran kebijakan, sehingga aktifitas kembali berjalan,” papar Rintang Awan Eltribakti Umbas.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Saptoyo menambahkan, meski pertumbuhannya paling rendah, namun sektor pertanian masih paling potensial untuk nilai tambah PDRB Gunungkidul. Pemerintah terus mendorong warga bumi Handayani untuk dapat mengoptimalisasi sektor pertanian ini. Mulai dari modernisasi hingga memadukan dengan wisata minat khusus seperti agrowisata.

Berita Lainnya  Tiga Pantai di Gunungkidul Ini Dipilih Pemda DIY Untuk Pengembangan Konsep Pantai Terintegrasi

“Pembinaan juga sangat perlu dilakukan. Termasuk dengan dukungan pemerintah dalam hal pemenuhan infrastruktur bagi petani,” jelasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler