fbpx
Connect with us

Sosial

Sambangi Korban Puting Beliung, Anggota DPR RI Kagumi Jiwa Gotong Royong Warga

Diterbitkan

pada

Semanu,(pidjar.com)–Bencana puting beliung yang terjadi di Kalurahan Pacarejo dan Kalurahan Semanu pada Selasa (22/02/2022) lalu menjadi perhatian bersama. Pasca bencana ini terjadi, bantuan terus berdatangan dari berbagai sumber untuk meringankan beban warga terdampak. Puting beling yang menghempas kawasan ini memang cukup dahsyat. Tercatat ratusan rumah warga mengalami kerusakan akibat insiden ini.

Mulai dari komunitas, relawan, paguyuban, instansi dan serta pemerintah banyak memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana. Hampir setiap harinya, ada logistik hingga bantuan yang masuk ke posko untuk dibagi rata ke warga yang membutuhkan. Seperti halnya Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) pada sore tadi yang menyalurkan bantuan logistik serta bantuan dalam bentuk lain.

Anggota DPR RI Fraksi PKS Sukamta, mengatakan, bantuan yang diberikan ini hanya sebagian kecil saja untuk membantu warga terdampak. Pada kunjungannya tadi, Sukamta juga sempat melakukan peninjauan di beberapa lokasi mulai dari Padukuhan Jonge hingga Padukuhan Jelok yang menjadi titik terberat dampak bencana alam.

Berita Lainnya  Mobil PCR Hadiah Kapolri, Hasil Tes Kini Bisa Diketahui Dalam Hitungan Jam

“Ini sebagai bentuk keprihatinan kita kepada saudara-saudara yang ada di sini. Hasil peninjauan di lokasi, memang dampaknya luas ya,” papar Sukamta, Jumat (25/02/2022).

Menurutnya, pemerintah setempat bersama dengan relawan sigap melakukan penanganan di lokasi kejadian. Saat ini pemerintah kabupaten juga mulai action dalam penanganan kebencanaan yang ada. Berkaitan dengan rehab bangunan atap yang hancur akibat sapuan angin, ia mengatakan berdasarkan peninjauan yang dilakukan saat ini sudah mulai dilakukan oleh masyarakat secara mandiri dan gotong royong dengan relawan dan tetangga. Dirinya sendiri mengapresiasi atas langkah cepat yang dilakukan oleh warga masyarakat ini.

“Semangat masyarakat ini luar biasa sekali, di tengah keprihatinan yang ada sekarang mereka tetap mengedepankan gotong royong antar sesama,” ujarnya.

Dalam peninjauan yang dilakukan pada sore tadi, Partai PKS Gunungkidul bersama dengan Sukamta melakukan pengecekan di Masjid dan gedung TPA Ar Rahman di Jelok, Pacarejo. Ternyata, bangunan gedung TPA ini atapnya habis disapu puting beliung.

Berita Lainnya  Pasar COD Wonosari, Potret Nyata Kegigihan Para Wanita Hebat Gunungkidul

Sementara itu, Lurah Pacarejo, Suhadi mengatakan kejadian puting beliung ini begitu cepat. Hanya sekitar 3 menit disertai hujan serta langit yang gelap. Angin kencang itu tiba-tiba menyapu wilayah sebagian Pacarejo. Atap di gedung TPA itu lantas terbang mengikuti pusaran angin dan terhempas sejauh 500 meter.

“Bahkan itu toren di atas juga terbawa angin dan terlempar jauh sampai pecah,” terang Suhadi.

Di Pacarejo sendiri ada 450 lebih bangunan rumah, tempat ibadah, dan bangunan pendidikan yang rusak akibat kejadian ini.

Menurutnya, sejauh ini penanganan terus dilakukan. Di hari pertama sudah berhasil membuka akses jalan, serta melakukan penanganan pertama. Kemudian dilanjutkan dengan gotong royong penanganan lainnya serta pemerintah hadir dalam pendataan dan pencukupan kebutuhan yang mendesak.

Berita Lainnya  Luka Parah Usai Diseruduk Mobil, Pemotor Akhirnya Tewas

“Bantuan logistik alhamdulillah aman dari berbagai lembaga, komunitas, instansi luar biasa bantuannya terus berdatangan. Alhamdulillah dan terimakasih,” paparnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler