fbpx
Connect with us

Pariwisata

Upaya Pemkab Gunungkidul Tingkatkan Kunjungan ke Obyek Wisata Non Pantai

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)- Libur lebaran tahun ini dinilai berdampak cukup bagus dalam roda perekonomian daerah khususnya di sektor pariwisata. Selama libur lebaran, ratusan ribu wisatawan memadati kawasan wisata dan turut menyumbang peningkatan perekonomian baik bagi pelaku wisata maupun pendapatan daerah.

Namun demikian, pada saat ini, pariwisata Gunungkidul sendiri masih terpaku pada kawasan pantai selatan. Tingkat kunjungan ke kawasan non pantai sendiri masih cukup rendah. Pemerintah Gunungkidul sendiri terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan ke kawasan wisata non pantai ini.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menyampaikan, secara keseluruhan saat libur lebaran kemarin berlangsung cukup bagus. Banyaknya pemudik yang pulang kampung ke Gunungkidul dan sekaligus juga berkunjung ke kawasan wisata dapat membantu memulihkan perekonomian masyarakat sekitar.

Berita Lainnya  Bendungan Beton Indah, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mengisi Liburan

“Ini belum ada evaluasi ya karena baru kemarin, tapi secara umum saya melihat libur lebaran ini sangat bagus,” ucapnya, Jumat (13/05/2022).

Perihal adanya temuan juru parkir yang menaikkan tarif parkir dari tarif yang seharusnya di kawasan wisata, ia mengaku belum mendapatkan laporan tersebut. Namun ia berharap agar kejadian seperti itu tidak sampai terjadi. Bupati meminta kerjasama dari semua pihak untuk menjaga citra dan nama baik pariwisata Gunungkidul.

“Saya belum dapat laporan ya, yang jelas kalau menaikkan atau sejenisnya jangan sampai. Tarifnya sesuaikan saja kan ada aturannya,” imbuh Sunaryanta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, menambahkan, jika kawasan wisata pantai masih menjadi primadona kunjungan wisatawan saat libur lebaran kemarin. Secara presentase, sebanyak 90% wisatawan lebih memilih kunjungan ke pantai, sedangkan sisanya 10% berkunjung ke kawasan wisata bukan pantai.

Berita Lainnya  Uji Coba Wisata Belum Berdampak pada Sektor Hotel dan Restoran

Adanya selisih yang sangat besar dalam hal kunjungan wisata, menurutnya menjadi pekerjaan tersendiri bagi pihaknya. Untuk mempersempit selisih kunjungan wisatawan, pihaknya pun telah mengupayakan beberapa langkah seperti mengenalkan wisata bukan pantai di Gunungkidul melalui pameran, media sosial, serta melalui agen travel. Langkah itu diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan wisata bukan pantai di Gunungkidul.

“Supaya objek wisata buka pantai Lebuh dikenal lebih luas lagi kamu tentu mengupayakan berbagai promosi,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler