fbpx
Connect with us

bisnis

Pengusaha Kacang Bawang dan Mete Banjir Pesanan

Diterbitkan

pada

BDG

Karangmojo,(pidjar.com)–Datangnya bulan Ramadhan membawa berkah bagi usaha kecil menengah di Gunungkidul, salah satunya ialah produsen kacang bawang dan kacang mete. Permintaan akan dua produk tersebut naik signifikan dibanding bulan-bulan biasanya.

Salah satu produsen kacang mete, Lestari menyampaikan naiknya permintaan konsumen mulai dirasakan menjelang datangnya bulan puasa. Tak hanya memproduksi kacang mete saja, dirinya juga memproduksi kacang bawang untuk dipasarkan ke masyarakat.

“Permintaannya naik sekitar tiga kali lipat, tentu omzet ikut bertambah,” ucap warga Kalurahan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo itu, Senin (10/4/2023).

Naiknya permintaan kedua produk tersebut membuat harganga juga ikut mengalami kenaikan. Ia mencontohkan seperti harga kacang mete mentah utuh yang tadinya antar Rp. 135 ribu sampai Rp. 140 ribu kini naik menjadi Rp. 150 ribu per kilogramnya. Sedangkan kacang mete yang matang saat ini mencapai Rp. 150 ribu hingga Rp. 165 ribu per kilogramnya.

“Harga bervariasi, pertimbangannya mengenai kualitas,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Stabilkan Harga Jelang Ramadhan, Pemerintah Segera Adakan Operasi Pasar

Ditambahkannya, harga kacang metemu matang belah saat ini menjadi Rp. 110 ribu. Sementara kacang bawang satu kilogramnya saat ini berkisar Rp. 60 ribu. Ia memasarkan produknya tak hanya di Gunungkidul saja, namun juga luar Gunungkidul ia bidik untuk memperluas pangsa pasarnya. Permintaan produknya sering datang dari Semarang, Sukabumi, Bandung, hingga Jepara.

“Pasarnya tidak hanya di Gunungkidul saja, tapi juga diluar banyak datang permintaan,” jelasnya.

Untuk mencukupi kebutuhan bahan bakunya, ia mengandalkan kacang mete dari Gunungkidul. Menurutnya, kualitas kacang mete asal Gunungkidul sangat bagus dan sudah diakui secara rasa yang memiliki rasa gurih dan manis. Ia berjejaring dengan petani kacang mete yang tersebar di berbagai penjuru Gunungkidul untuk mencukupi produksinya.

Berita Lainnya  Tingkatkan Nilai Jual, KWT Siyono Wetan Olah Ketela Jadi Mie

“Bukan hanya soal rasa, kacang mete Gunungkidul juga dikenal tahan lama sampai enam bulan. Untung mencukupi produksi kami berjejaring dengan petani dan juga menambah tenaga pengolah dan pengupas saat permintaan naik,” tutup Lestari.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler