fbpx
Connect with us

Kriminal

Tambang Liar Digerebek, Polisi Amankan Alat Berat dan Pemiliknya

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Polres Gunungkidul beberapa waktu silam menggerebek sebuah lokasi penambangan liar di Kecamatan Girisubo. Dalam kasus ini, polisi mengamankan sebuah alat berat yang digunakan untuk melakukan penambangan. Dalam perkembangan penyelidikan, satu orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Polisi sendiri terus melakukan pengembangan dengan memeriksa sejumlah saksi.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Anak Agung Putra Dwipayana melalui Kanit Pidsus, Ipda Ibnu Ali Puji menjelaskan, pengamanan alat berat sendiri dilakukan pihaknya pada 18 September 2019 lalu. Setelah itu pihaknya melakukan pengembangan untuk mengetahui lebih dalam terkait penambangan liar di lokasi yang dimaksud.

“Satu orang ditetapkan sebagai tersangka dengan inisial Y warga Ngeposari. Dia pemilik dan pengoperasi alat berat itu,” terang Ibnu, Jumat (11/10/2019).

Ibnu menambahkan, saat ini pihaknya juga masih melakukan pemeriksaan saksi dalam kasus itu. Sejumlah pihak yang dinilai mengetahui terkait penambangan liar ini. Namun demikian, ia tidam menyebutkan siapa saja yang dipanggil menjadi saksi.

Berita Lainnya  Sindikat Penipuan dan Penggelapan Mobil Rental Dibongkar Polisi, Belasan Mobil Disita

“Masih dalam pemeriksaan saksi-saksi,” imbuh dia.

Menurut Ibnu, dalam kasus tersebut pihaknya menyangkakan Pasal 158 Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu bara. Nantinya setelah rangkaian tahapan selesai kasus itu akan dilimpahkan ke kejaksaan.

“Nanti setelah itu berkas dikirim ke kejaksaan,” ucap Ibnu.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Anak Agung Putra Dwipayana memaparkan, dalam kasus tersebut, sempat ada dugaan berkaitan dengan pengungkapan perniagaan dan penyelundupan solar subsidi yang diangkut secara ilegal dalam kasus tersebut. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, hal itu tidak saling berkaitan.

“Tidak ada kaitanya, itu beda kasus,” singkat dia ketika disinggung mengenai kaitan solar ilegal dan pengamanan backhoe dari wilayah Girisubo tersebut.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler