fbpx
Connect with us

Peristiwa

Temuan Serpihan Hingga Kartu Identitas Awak Kapal Yang Hilang Sejak Seminggu Silam

Diterbitkan

pada

Tepus,(pidjar.com)–Kapal Sekoci dengan nama Mandala Putra yang berangkat dari wilayah Jawa Timur sudah seminggu terakhir ini hilang kontak. Terakhir, kapal sekoci tersebut terdeteksi pada Sabtu (30/04/2022) lalu. Hingga seminggu berlalu, tim SAR wilayah I Pantai Sadeng masih terus melakukan pencarian terhadap tekong dan anak buah kapal (ABK) yang hilang dan diduga tenggelam di sekitar perairan Gunungkidul tersebut.

Koordinator SAR Wilayah I Pantai Sadeng, Sunu Handoko Bayu Segara mengungkapkan, Kapal Mandala Putra sendiri diketahui berangkat dari Sendang Biru, Malang, Jawa Timur pada Rabu (27/04/2022) malam. Kapal tersebut rencananya hendak menuju ke Cilacap. Pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.45 WIB, salah seorang ABK sempat mengabari Sugeng, nelayan Kalurahan Songbanyu melalui chat Whatsapp bahwa kapal mengalami panas mesin. Sehingga kemudian kapal tersebut harus melakukan pendinginan di tengah Pantai Baron.

Berita Lainnya  Bencana Angin Kencang Juga Terjang Ngawen, Rusak Rumah Warga, Masjid dan Balai Padukuhan

Namun usai memberikan kabar tersebut, para ABK sudah tidak bisa lagi dihubungi. Lantaran hal tersebut kemudian Sugeng kemudian melapor ke anggota SAR untuk melakukan penyisiran.

“Pada hari pertama pencarian, kita lakukan penyisiran dari timur ke barat. Sampai di Tebing Umbul tepatnya di barat Pantai Ngetun sempat ditemukan serpihan puing kapal,” papar Sunu Handoko.

Diduga kuat, serpihan tersebut adalah serpihan kapal yang hilang kontak. Kemudian pada hari ketiga pencarian, tim kembali menemukan pecahan kapal dan menemukan KTP dengan identitas tekong kapal Anggi Pratama (19) warga Putat, Kalurahan Songbanyu, Kapanewon Girisubo.

Adapun Anggi memang salah seorang tekong yang tengah berada di dalam kapal. Sementara awak yang lain adalah Riki (21) warga Cilacap, dan Hendra (23) warga Cilacap.

“Hari ke-6 kemarin kita lakukan penyisiran lebih luas lagi. Tim jetsky menemukan pelampung ada bercak oli di tebing Pantai Indrayanti di sisi timur,” imbuh Sunu.

Proses pencarian sendiri sempat mengalami kendala. Kondisi angin kencang serta peningkatan pada gelombang membuat perahu jukung dan jetsky yang dikerahkan untuk melakukan pencarian terpaksa menepi. Pencarian sendiri akan terus dilanjutkan.

Berita Lainnya  Pemotor Tewas Dalam Laka Maut di Baleharjo

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler