fbpx
Connect with us

Peristiwa

Empat Kapanewon Masih Berstatus Zona Risiko Tinggi Covid-19

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Empat Kapanewon di Gunungkidul disebut menjadi zona risiko tinggi covid-19. Di lokasi tersebut diketahui masih berpotensi terjadi penularan virus. Adapun kapanewon tersebut meliputi  Semin, Ponjong, Wonosari dan Semanu. Dari data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Gunungkidul, di sejumlah kapanewon tersebut memang tercatat memiliki jumlah kasus cukup banyak. Seperti di Wonosari dengan 45 kasus, Semin 12 kasus Semanu 16 kasus dan Ponjong 18 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan ada beberapa indikator untuk menentukan zona risiko covid-19. Diantaranya yakni indikator kasus positif, epidemiologi dan penularan lokal.

“Di Kapanewon tersebut, kecuali Wonosari masih ada pasien yang dirawat sehingga masih ada kemungkinan terjadi penularan,” ucap Dewi, Selasa (08/09/2020).

Ia mengatakan bahwa penularan yang terjadi banyak muncul dari riwayat perjalanan. Kemudian menularkan kepada keluarga yang ada di rumah di wilayah Gunungkidul. Seperti pada hari ini contohnya, pihaknya kembali mencatat adanya tambahan kasus dengan riwayat perjalanan luar kota. Tambahan kasus tersebut merupakan wanita 68 tahun warga Kapanewon Semanu.

Berita Lainnya  Tahap Pertama Pembangunan JJLS Dirampungkan Akhir 2019, Direncanakan Jadi 4 Lajur

“Hari ini tambahan ada 6 kasus positif yakni, wanita 67 tahun warga Paliyan riwayat sakit kanker, kemudian wanita 57 tahun, wanita 38 tahun laki-laki 54 tahun wanita 41 tahun yang 4 ini warga Ngawen dengan riwayat kontak dengan pasien positif. Sedangkan satu lagi yang perjalanan dari luar tadi,” jelas Dewi.

Tambahan kasus ini membuat pasien dalam perawatan kembali bertambah menjadi 16 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan setelah beberapa hari kemarin jumlahnya hanya pada angka 11 orang pasien.

“Total kasus selama ini ada 202 kasus, 180 orang sembuh dan 16 masih dirawat. Kita selalu berharap pasien yang masih dirawat ini segera sembuh,” ucap Dewi

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler