fbpx
Connect with us

Sosial

Melihat Potensi Budidaya Keladi, Tanaman Hias yang Kini Banyak Dicari

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Selama masa pandemi covid19 ini memang banyak sekali orang yang menjalankan aktivitas di rumah saja. Hal ini membuat banyak orang memilih untuk menghias rumah dengan berbagai macam tanaman hias.

Saat ini, tanaman yang tengah moncer di kalangan masyarakat ialah tanaman hias keladi. Bentuknya yang unik membuat banyak penggemarnya rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya.

Melihat potensi pasar yang cukup menggirukan ini, ditangkap oleh Widirahayu (27) warga Siyono Tengah, Logandeng, Playen. Puluhan jenis keladi berjejer di depan rumahnya. Mulai dari jenis red clone, ratana, keladi strowberi, greend stard, keladi batik hingga white queen.

Sebenarnya budidaya keladi ini sudah saga lakoni dua tahun terakhir, awalnya cuma suka, ternyata masuk pandemi banyak yang menjual dan membeli,” ungkap Widi, Minggu (28/02/2021).

Dikatakan Widi, perawatannya pun cukup mudah. Ia hanya menyiram tanaman ini satu kali sehari baik pagi atau sore. Keladi-keladi yang memiliki warna indah tersebut juga harus dipastikan terkena paparan sinar matahari dengan baik.

Ya sebetulnya biar kena cahaya dengan tujuan agar motif pada daun bisa keluar dan lebih tajam,” ujar dia.

Widi mengaku, satu pot tanaman keladi yang ia jual cukup variatif. Mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Kalau daunnya lebar dan motifnya unik mahal. Alhamdulillah sebulan bisa mengumpulkan uang kurang lebih sepuluh jutaan,” jelas Widi.

Tak hanya warga di Gunungkidul saja, Widi mengaku juga menjual keladi online. Pangsa pasarnya pun beraneka ragam mulai dari Yogyakarya hingga Jawa Tengah.

Setiap hari hampir ada orderan baik dari market place maupun instagram, ya cukup menghasilkan di tengah pandemi,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler