fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Wisatawan Semakin Banyak, Pemerintah Mulai Awasi Jalan Kampung Menuju Pantai

Published

on

Girisubo, (pidjar.com)–Menyusul diperpanjangnya PPKM Darurat berlevel se Jawa-Bali oleh Pemerintah Pusat, obyek wisata di Gunungkidul diputuskan masih ditutup untuk sementara. Petugas penjaga bekerja sama dengan Satuan Tugas Penanganan Covid19 di Kapanewon untuk menghalau calon wisatawan yang akan berkunjung, khususnya memperketat penjagaan di jalan-jalan perkampungan setempat. Di kawasan pantai selatan, saat ini para wisatawan yang hendak berkunjung memang semakin banyak dan mencapai ribuan orang per harinya.

Panewu Anom Kapanewon Girisubo, Arif Yahya, mengungkapkan, dengan diperpanjangnya masa penutupan objek wisata pihaknya telah berkoordinasi dengan kepala padukuhan yang wilayahnya terdapat jalan menuju ke pantai agar ditingkatkan penjagaannya. Hal ini guna menghalau calon wisatawan yang nekat berkunjung ke obyek wisata dalam masa PPKM Darurat berlevel.

“Untuk pengetatan masih sama dengan yang lalu, kita halau di pos retribusi. Selain itu di jalan kampung menuju pantai, kita sampaikan kepada dukuh-dukuh untuk pasang portal saat malam hari,” ujarnya, Rabu (25/08/2021).

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 Gunungkidul , Sunu Handoko Bayu Segara, menambahkan, pihaknya akan tetap menghalau calon wisatawan yang nekat berkunjung. Timnya melakukan penjagaan di empat Tempat Penarikan Restribusi (TPR), yaitu di TPR Sadeng, TPR Wediombo, TPR Watulumbung, dan TPR Siung.

“Kami meningkatkan penjagaan di empat TPR tersebut dan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk menghalau calon wisatawan yang memanfaatkan jalan-jalan perkampungan yang menuju ke pantai, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kapanewon Girisubo dan Gugus Tugas covid19 Kapanewon Girisubo.

“Sudah berkoordinasi dengan ketua gugus tugas covid19 Kapanewon Girisubo serta Pemerintah Kapanewon Girisubo, responnya baik dan akan meminta kepala dusun untuk menutup jalan yang menuju ke pantai dengan portal,” sambungnya.

Peningkatan penjagaan tersebut dilakukan lantaran semakin banyaknya calon wisatawan yang akan berkunjung. Padahal informasi mengenai penutupan sementara objek wisata sudah disebarkan dan isinya jelas. Pihaknya pun berhasil menghalau ribuan calon wisatawan pada akhir pekan lalu yang akan berkunjung ke objek wisata.

“Betul, ada sekitar 1.500 calon Wisatawan yang diputar balikkan pada hari Sabtu dan Minggu kemarin,” jelas Sunu.

Menurut pengakuan beberapa calon wisatawan, mereka nekat berkunjung ke objek wisata lantaran bosan dirumah dan sengaja menuju ke objek-objek wisata dengan harapan ada yang dibuka.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, mengungkapkan jika objek-objek wisata di Gunungkidul masih ditutup untuk sementara. Ia meminta bagi para calon wisatawan agar menahan diri terlebih dahulu hingga objek wisata diperbolehkan dibuka kembali.

“Mohon untuk bersabar dahulu,” ajaknya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler