fbpx
Connect with us

Sosial

Sedikitnya 50 KK Akan Mendapatkan Instalasi Pembuangan Air Limbah

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten menggagas pembangunan infrastruktur sanitasi. Langkah ini diambil untuk pencapaian infrastruktur sesuai dengan target pemerintah, disisi lain juga untuk meningkatkan kondisi sanitasi masyarakat. Tahun 2020 ini ada sedikitnya 50 KK yang akan mendapatkan Instalasi Pembuangan Air Limbah dan beberapa jenis pembangunan lainnya.

Kepala Bidang Cipta Karya, DPUPRKP Gunungkidul, Agus Subariyanto mengungkapkan beberapa wakth lalu sosialisasi ke pejerima pembangunan infrastruktur sanitasi telah dilakukan. Nantinya untuk program ini nantinya akan menggunakan Dana Alokasi Khusus. Beberapa komponen akan dilakukan pembangunan pada tahun ini.

“Ada pembangunan IPAL Kokunal Kapasitas untuk 50 KK. Kemudian pembangunan MCK untuk pondok pesantren dan Tangki Septik Skala Individu,” tambahnya.

Sesuai dengan arahan memang langkah ini untuk mendukung capaian prioritas nasional. Juga untuk meningkatkan cakupan pelayanan sanitasi masyarakat. Tidak dipungkiri untjk pengetahuan dan penerapan sanitasi ini perlh perhatian yang berlebih lagi.

Berita Lainnya  Pedagang Bahan Pokok Diminta Tak Layani Pembelian Dalam Jumlah Tak Wajar

Dari DPUPRKP tidak hanya sendiri, namun menggandeng dari OPD terkait lainnya dalam pendataan hingga upaya-upaya lainnya. Tujuan utama dari bantuan pemerintah ini ialah menyediakan akses sanitasi yang lebih layak kembali bagi masyarakat.

“Untuk pembahasan paling tidak pertebgahan maret, kemudian tahapan lainnya bisa menyesuaikan seperti pada yang tertera di petunjuk teknis,” tambahnya.

Menurutnya, program semacam ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Diharapkan memang capaian setiap tahunnya dapat merubah kondisi masyarakat yabg belum memiliki sanitasi memadahi. Misalnya jamban sehat ataupun pembuangan air limbah yang memadahi.

Tak sedikit masyarakat Gunungkidul yang memiliki jamban sehat. Di pelosok daerah bahkan kawasan kota ada segelintir warga yang belum memiliki sarana prasaran yang memadahi.

Berita Lainnya  Rogoh Kocek Hingga Ratusan Juta, Warga Biasa Ini Bagikan Ribuan APD Untuk Tenaga Medis

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler