fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mau Kirim Ternak Ke Luar Daerah, Perhatikan Syarat Wajib dari Dinas

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Menjelang hari raya Idul Adha, belasan permohonan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) mulai masuk ke Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Gunungkidul. Dinas menghimbau agar para pengusaha ternak dapat segera mengurus dokumen persyaratan untuk hewannya yang akan dikirim keluar daerah.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, DPKH Gunungkidul, Retno Widiastuti, mengatakan hingga saat ini sudah ada 19 pengusaha yang mengajukan permohonan SKKH ke DPKH. Disebutnya dokumen persyaratan untuk hewan kurban yang dikirim keluar daerah tak cukup dengan SKKH saja, melainkan perlu dokumen lainnya sebagai syarat pengiriman.

“Kalau ternak mau dikirim ke luar daerah harus lengkap dokumennya,” jelasnya.

Adapun dokumen selain SKKH yang diperlukan disebutnya seperti surat pengiriman dari Kepala DPKH Gunungkidul, Sertifikat Veteeriner dari pejabat otoritas kabupaten, kemudian Sertifikat Veteeriner dari pejabat otoritas provinsi apabila dikirim lintas provinsi.

“Awal dari pengiriman itu yang bersangkuran harus mencari rekomendasi penerimaan ternak dari daerah yang dituju, itu untuk proses menerbitkan rekomendasi pengiriman,” ucapnya.

Berita Lainnya  Rencana Acara Pelantikan Jogoboyo Kemiri Dirazia Satpol PP

Namun demikian, ia mengatakan setiap daerah tujuan memiliki syarat berlaku yang berbeda. Maka dari itu ia menghimbau agar pengusaha ternak yang akan mengirimkan hewannya keluar daerah bisa segera mengurus dokumen persyaratan pengiriman. Hal itu untuk menghindari terjadinya penumpukan pada hari-hari menjelang idul adha.

“Lebih baik daftar diawal, kalau sudah mepet nanti kita bingung melayaninya. Lama prosesnya tergantung tujuan, misalnya untuk dikirim ke Jakarta itu butuh waktu mengurus dokumen sekitar lima hari,” ujarnya.

“Kami sampaikan juga supaya pengusaha ternak segera mengurus dokumennya,” tutup Retno.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler