fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Sedot Investor Masuk Gunungkidul, Kawasan Industri Semin Diperluas Dua Kali Lipat

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Kawasan Peruntukan Industri (KPI) di Kapanewon Semin direncanakan diperluas oleh Pemkab Gunungkidul. Langkah itu sebagai upaya pemkab dalam menumbuhkan roda perekonomian di Bumi Handayani. Namun demikian baru satu pabrik yang beroperasi di KPI Kapanewon Semin.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gunungkidul, Yuda Haryanto, mengatakan perluasan KPI di Kapanewon Semin direncanakan diperluas yang masuk dalam perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) baru yang saat ini masih berproses. Dalam Perda nomor 6 tahun 2011 tentang RTRW tahun 2010-2030 tercatat luasan KPI di Kapanewon Semin seluas 75 hektar dan akan diluaskan menjadi 1.500 hektare.

“Kalau KPI di Gunungkidul itu ada di Semanu dan Semin, tapi ini yang di Semin rencananya akan diperluas,” terang Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gunungkidul, Yuda Haryanto.

Berita Lainnya  Bantuan Keuangan Partai Politik, Pemkab Gunungkidul Siapkan Anggaran Lebih Dari 1 Miliar

Namun demikian, ia tak menampik jika saat ini di KPI Kapanewon Semin baru terdapat satu pabrik yang sudah beroperasi yaitu pabrik yang bergerak di bidang pembuatan sarung tangan yang berasal dari modal asing. Menurutnya, rencana diluaskannya KPI merupakan kesiapan Pemkab dalam menarik investor ke Gunungkidul untuk menanamkan modal guna mengembangkan usaha dan ikut andil dalam memajukan daerah.

“Rencananya perluasan akan meliputi tiga Kalurahan, yaitu Kalurahan Candirejo dan Kalurahan Rejosari di Kapanewon Semin serta Kalurahan Sambirejo di Kapanewon Ngawen,” ucapnya.

Menurutnya, KPI Kapanewon Semin terletak di lokasi yang strategis, dimana lokasi tersebut berbatasan langsung dengan wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah. Sehingga diharapkan adanya pelimpahan usaha dari Jawa Tengah yang bisa dioperasikan di KPI Kapanewon Semin. Guna mendukung investasi di KPI, salah satu langkah yang pihaknya lakukan ialah dengan membuat kajian investasi yang diarahkan di wilayah utara Gunungkidul.

Berita Lainnya  Terlanjur Dipugar, Pelayanan Kantor Kapanewon Playen Terpaksa Mengungsi

“Misalnya saja menyediakan data informasi kepada calon investor serta menyusun peta potensi untuk di KPI Semin,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler