fbpx
Connect with us

Sosial

Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah

Published

on

Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 157
Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 158 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 159 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 160 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 161 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 162 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 163 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 164 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 165 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 166 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 167 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 168 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 169 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 171 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 172 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 173 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 174

Tepus,(pidjar.com)–Pantai Pulang Syawal atau yang lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti sudah menjadi primadona tujuan wisata Kabupaten Gunungkidul. Sejak namanya melejit pada tahun 2011, wisatawan berbondong-bondong datang untuk mengobati rasa penasaran mereka akan keindahan pantai yang terletak di timur Pantai Sundak ini. Ratusan kendaraan roda dua, mobil pribadi hingga rombongan bis datang setiap harinya terutama pada musim liburan.

Wisatawan yang datang tersebut sudah pasti meninggalkan sampah dengan berbagai jenis dan bentuk. Baik dari sisa makanan seperti tempurung kelapa muda hingga bungkus makanan jenis kardus dan plastik banyak ditinggalkan oleh para wisatawan. Ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pantai Pulang Syawal, Suyono yang ikut andil dalam pengelolaan kawasan pantai sejak awal saat ini merasa kesusahan untuk mencari lahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) guna menampung produksi sampah ini.

Ia menjelaskan bahwa memang sejak awal dibuka, Pantai Pulang Syawal melakukan pengelolaan sampah secara mandiri. Dalam hal ini pengelolaan sampah dilakukan oleh Pokdarwis setempat dan tidak ada campur tangan dari Dinas Lingkungan Hidup.

“Pada awal dibuka, kami sebagai Pokdarwis sudah memiliki gambaran bahwa pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan yang nantinya akan menimbulkan tumpukan sampah. Jadi kami cari lahan warga yang mau disewakan untuk pembuangan sampah. Karena memang sejak belum ada kerjasama dengan DLH,” terang Suyono, Sabtu (26/12/2020).

Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 175 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 176 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 170

Pada tahun 2011 silam, Pokdarwis memutuskan untuk menyewa lahan di tengah ladang milik warga Tepus, tepatnya di arah pantai Pok Tunggal. Kesepakatan dengan pemilik lahan adalah waktu sewa selama sepuluh tahun dengan harga sewa 2 juta rupiah.

“Untuk sewanya habis tahun 2020 ini. Sekarang kami masih bingung untuk mencari lahan pengganti. Kemungkinan akan koordinasi lagi dengan salah satu pemilik ladang di Desa Tepus,” ujar dia.

“Kami tidak keberatan dengan harga sewa sekian dan tempat pembuangan yang lumayan jauh. Demi kebersihan kawasan pantai dan kenyamanan wisatawan, agar Pantai Pulang Syawal dikenal dengan kebersihannya dan mereka mau datang lagi di kemudian hari,” sambungnya.

Ia menjelaskan bahwa selain habis masa sewa, saat ini kondisi TPS lama sudah sangat penuh dan akses menuju TPS juga sudah ditutup dengan ditanami pohon pisang. Akibatnya kini sampah sering menumpuk di bak penampungan yang tesebar di beberapa titik kawasan pantai. Bahkan ada pula tumpukan sampah di pinggir jalan arah masuk pantai sisi timur.

Berbagai upaya telah dilakukan Pokdarwis untuk menanggulangi penumpukan sampah mulai dari kerja bakti, pemilahan, hingga pembakaran. Akan tetapi sampah yang terus berdatangan setiap hari hampir membuat petugas kewalahan.

“Ada kegiatan jumat bersih yang dilakukan seluruh anggota Pokdarwis, tujuannya agar wisatawan datang pada hari Sabtu dan Minggu pantai sudah dalam kondisi bersih. Pemilahan sampah plastik seperti botol bekas minuman yang nantinya bisa dijual juga sudah dilakukan. Pengeringan dan pembakaran sampah yang dilakukan setiap satu bulan,” terang Suyono.

Sebanyak 3 petugas dikerahkan untuk mengangkut sampah setiap hari Senin dan Jumat. Suyono mengungkapkan, dalam seminggu, sampah yang diangkut mencapai tiga truk. Dalam operasionalnya, Pokdarwis diharuskan memberi upah 900 ribu rupiah per pekan.

Ia berharap agar di tahun 2021 dengan dilantiknya bupati baru dapat memberikan kebijakan tenang pengelolaan sampah pantai.

“Siapapun yang terpilih akan kami dukung, jika beliau juga mendukung perkembangan pantai dengan kebijakan-kebijakan yang tepat. Setidaknya kami diberi pelatihan oleh DLH untuk mendaur ulang sampah, entah nantinya dibuat menjadi kerajinan yang dapat kami jual di sini atau bagaimana,” pungkasnya.

Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 178 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 179 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 180 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 181 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 182 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 183 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 184 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 185 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 186 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 187 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 188 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 189 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 190 Sewa Lahan TPS Habis, Pokdarwis Pantai Indrayanti Kebingungan Buang Sampah 191

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler