fbpx
Connect with us

Pendidikan

Turun Drastis, DAK APBN Untuk Pendidikan Gunungkidul Tinggal 45 Miliar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dinas Pendidikan Gunungkidul pada tahun mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 45 miliar. Anggaran tersebut rencananya akan difokuskan dalam pembangunan fisik sekolah di Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Winarno, saat ditemui mengatakan pos anggaran kegiatan di sektor pendidikan tahun 2023 ini salah satunya bersumber dari DAK Pemerintah Pusat sebesar Rp. 45 miliar. Menurutnya, lembangunan infrastruktur sekolah menjadi salah satu prioritas dalam penggunaan anggaran tersebut.

“Fokus infrastruktur seperti rehab sekolah dan Teknologi Informatika,” jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Winarno, Kamis (09/02/2023).

Dijelaskannya, anggaran DAK pada tahun ini menurun drastis dibandingkan tahun 2022 lalu. Tahun kemarin ia menyebut anggaran DAK yang diperoleh pihaknya dapat mencapai Rp. 74 miliar. Menurutnya, adanya defisit dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah menjadi penyebab berkurangnya anggaran DAK yang pihaknya peroleh. Ia berharap, adanya DAK ini dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di Gunungkidul.

Berita Lainnya  Tahun depan, Kurikulum Prototipe Mulai Diterapkan di Sekolah

“Rahun ini turun jauh, tahun 2022 kemarin bisa sampai Rp. 74 miliar,” imbuhnya.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan Gunungkidul, Tijan, mengatakan jika pihaknya sudah mensosialisasikan ke perwakilan sekolah dalam hal pemanfaatan dana tersebut. Ia juga menyampaikan jika pihaknya tahun ini fokus dalam perbaikan infrastruktur sekolah.

“DAK ini untuk fisik, sedangkan bidang SMP bantuan TI sekarang belum ada,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Sekolah Dasar, Taufik Aminudin. Ia mengatakan jika pada tahun ini bidangnya hanya memperoleh DAK sebesar Rp. 4 miliar saja dan akan difokuskan dalam pembangunan infrastruktur sekolah.

“Kami dapat Rp. 4 miliar dipergunakan untuk bantuan TI di lima sekolah dan sisanya untuk infrastruktur sekolah,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler