fbpx
Connect with us

Politik

Anggaran Pilkada Gunungkidul Disepakati Rp 37,8 Miliar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul telah menyepakati dan menyetujui anggaran Pilkada 2024 mendatang. Adapun setelah tarik ulur yang terjadi, pemerintah akan menghibahkan anggaran sebesar Rp 37,8 miliar untuk Pilkada mendatang.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan berdasarkan koordinasi yang dilakukan bersama dengan Pemkab Gunungkidul, akhirnya anggaran Pilkada 2024 telah disepakati. Nilai yang disepakati bersama yakni Rp 37,8 miliar yang lebih rendah dibandingkan dengan usulan dari KPU beberapa waktu lalu.

“Sudah ada kesepakatan dan persetujuan bersama mengenai anggaran Pilkada 2024 mendatang. Nanti tinggal penandatanganan berita acara untuk pencairan,” kata Ahmadi Ruslan Hani.

Ia menjelaskan, dengan disepakatinya Rp37,8 miliar tersebut tentu ada beberapa konsekuensi atau penyesuaian. Adapun terdapat pemangkasan di beberapa plot kegiatan seperti pengurangan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang semula 1.900 TPS menjadi 1.400 TPS.

“Untuk penyesuaiannya maka ada pengurangan jumlah TPS sebanyak 500 lokasi,” imbuh dia.

Berita Lainnya  Serang Ketua DPRD Lantaran Anggaran Sosialiasi Fantastis, Aktifis: Saya Tidak Jadi Optimis

Selain itu juga dilakukan pengurangan atau pemangkasan kegiatan rapat koordinasi, bimbingan teknis. Menurutnya, dengan jumlah TPS yang berkurang cukup banyak ini diharapkan jalannya Pilkada tetap optimal.

Lebih lanjut Hani mengatakan, anggaran tersebut akan dicairkan secara bertahap. Dimana pada tahun 2023 ini anggaran yang akan digunakan sebesar 40 persen dari jumlah yang disepakati, kemudian di tahun 2024 anggaran yang digunakan sebesar 60 persennya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gunungkidul Andang Nugraha mengatakan bahwa berdasarkan pembahasan antara Bawaslu dan Pemkab Gunungkidul, anggaran pengawasan Pilkada 2024 pada kisaran Rp9,4 miliar dari anggaran yang diusulkan Rp18 miliar.

“Hasil komunikasi dengan pemkab, anggaran pengawasan Pilkada 2024 sebesar Rp9,4 miliar. Saat ini masih dalam pembahasan di internal Pemkab Gunungkidul,” kata Andang.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono mengatakan, berkaitan dengan anggaran Pilkada 2024 memang telah disepakati dan disetujui oleh BKAD, KPU dan TPAD. Nantinya akan segera dilakukan penandatangan berita acara dan NPHD.

Berita Lainnya  Dipinang Nasdem Untuk Pilkada, Mantan Ketua DPRD Gunungkidul Gandeng Kepala Disdikpora

“Pada prinsipnya pemerintah daerah berkomitmen memberikan hibah sesuai kebutuhan dan mekanisme yang telah ditentukan,” jelas Putro Sapto.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler