fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Gunungkidul Dinilai Berhasil Manfaatkan Dana Desa Untuk Kemajuan Masyarakatnya

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Awal bulan Juli 2019 lalu, kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam kategori Tata Kelola Program Inovasi Desa. Sebagaimana diketahui, sejak pemerintah kabupaten mendapatkan kucuran dana desa sebagai salah satu sumber dana untuk pengembangan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, pemerintah desa terus didorong untuk menggali inovasi sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD), Sudjoko mengungkapkan, selama adanya kucuran dana, selama ini pemerintah kabupaten terus mendorong pemdes untuk memanfaatkan dana tersebut secara optimal. Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat tak luput dari perhatian pemerintah. Gunungkidul sendiri dianggapnya memiliki segudang potensi yang luar biasa.

Salah satu keberhasilan yang menjadi tolak ukur hingga mendapatkan penghargaan ini menurut Sudjoko adalah semangat masyarakat dalam memanfaatkan dana yang ada sehingga ada perubahan yang signifikan mulai dari kondisi di lapangan, pola pikir, dan kreatifitas yang dimiliki. Belum lagi berkaitan dengan pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten guna mengantisipasi terjadinya penyimpangan.

“Ada beragam keberhasilan yang didapat selama kita mendapatkan alokasi dana desa dan beberapa bantuan dari pemerintah. Keberhasilan ini pun telah dirasakan oleh semua kalangan,” kata Sudjoko.

Adapun dari 144 desa yang ada semua didorong untuk berinovasi dalam pemerintahannya. Masing-masing pun cukup berbeda, misalnya ada yang mengembangkan pada bidang pariwisata, industri, pemberdayaan masyarakat bahkan di bidang kesehatan untuk menciptakan sumberdaya manusia yang mumpuni pun juga dilakukan.

Berita Lainnya  Kepala Disdikpora: Kebijakan Lima Hari Sekolah Tidak Wajib, Banyak Sekolah Belum Punya Fasilitas

Menurut Sudjoko, menjadi salah satu kabupaten yang memiliki beragam inovasi mendorong masyarakat untuk lebih memiliki pandangan yang luas untuk lebih maju lagi. Dari kementerian sendiri juga menyarankan jika dana yang dimiliki paling tidak mampu dimanfaatkan oleh pemdes untuk melakukan pembangunan embung.

“Ini yang perlu kami berikan pemahaman pada pemerintah desa. Dana yang dimiliki bisa digunakan untuk membangun embung, jika memang kondisinya cukup diperlukan,” tambah dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, permasalahan yang selama ini dialami oleh bumi handayani adalah berupa air. Pasalnya setiap musim tertentu, masyarakat baik umum maupun di bidang pertanian selalu sulit mendapatkan air, dengan dibangunnya embung di kawasan yang sekiranya kekurangan air tentu akan menjadi terobosan pengairan tersendiri.

Berita Lainnya  Sambut Liburan Akhir Tahun, Bupati Wanti-wanti Pedagang Kawasan Wisata Tak Nuthuk Harga

“Gunungkidul sudah punya beberapa embung memang. Untuk permasalahan kesulitan air mudah-mudahan bisa terpecahkan dan dapat terbantu dengan anggaran yang dimiliki desa. Sejauh ini memang ada dorongan dari kementerian terkait hal tersebut,” paparnya.

Menurut dia, keberhasilan adanya dana desa yang diberikan juga berada di sektor pemberdayaan masyarakat. Mulai dari munculnya usaha-usaha mikro dari masyarakat, hingga pengetahuan dan pemahaman warga Gunungkidul yang mulai berangsur maju dengan segala pelatihan dan pembinaan yang ada.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah berharap, setelah penghargaan tersebut diberikan, kemudian dapat menumbuhkan inovasi dan kreativitas desa dalam bidang insfrastruktur, kewirausahaan, dan pemberdayaan SDM dalam memanfaatkan dana desa.

“Saya mengapresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga dapat meraih penghargaan ini. Saya berharap inovasi yang muncul dari satu desa akan dapat ditularkan sebagai referensi ke desa lainnya, yang mempunyai potensi untuk dapat melaksanakannya,” tutup Bupati.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler