fbpx
Connect with us

Sosial

Kenali Resiko Hamil dan Melahirkan di Usia Muda

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kehamilan merupakan sesuatu hal yang banyak diidamidamkan pasangan suami istri. Namun jika tidak direncanakan secara baik, kehamilan dapat menjadi beresiko yang membahayakan bagi ibu dan calon buah hati. Terutama kehamilan pada ibu muda.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, rencana dalam mempersiapkan kehamilan sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab jika tidak terencana dapat berdampak buruk bagi ibu dan anaknya.

Dewi mengambil contoh, kehamilan pada usia muda yakni di bawah 20 tahun sangatlah rentan terhadap serangan berbagai risiko yang ada. Hal ini dikarenakan alat reproduksi usia kurang dari 20 tahun dianggap belum matang.

"Jadi, ketika melahirkan pun akan beresiko tinggi pada keselamatan kelahiran," ujar Dewi, Kamis (04/01/2018).

Selain resiko keselamatan ibu dan sang bayi, Dewi menambahkan, resiko lainnya ialah adanya kemungkinan bayi lahir secara prematur. Tidak hanya prematur bayi pun menjadi rentan terhadap serangan penyakit.

"Berat badan saat lahir biasanya juga rendah dan akan berdampak pada gizi buruk," imbuh dia.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Priyanto menjelaskan bahwa resiko hamil muda sangatlah kompleks. Nantinya selain gangguan pada kesehatan ibu dan bayi juga dapat memicu terjadinya gangguan psikis.

Sebab menurutnya, jika usia ibu yang hamil masih dibawah 20 tahun, keluarga itu belum siap secara mental. Kehidupan jadi kurang harmonis dan bahkan menyebabkan depresi atau stres akibat belum adanya kesiapan itu.

"Banyak masalah yang akan timbul nantinya. Buruknya lagi jika tidak harmonis lalu gagal berumah tangga dan akan menyebabkan depresi," terang dia.

Priyanto menyarankan, kehamilan haruslah direncanakan, baik persiapan secara fisik, umur, psikologis dan kondisi ekonomi. Maka usia ideal untuk kehamilan ialah usia diatas 20 tahun. Sehingga dengan begitu, jika orang tua dari sang bayi sudah siap, maka dapat menekan segala resiko yang kemungkinan timbul.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler