fbpx
Connect with us

Sosial

Jadi Yang Kedua se-Pulau Jawa, Pabrik Pengolahan Limbah Medis Akan Segera Dibangun di Semin

Published

on

Semin,(pidjar.com)–Kabar baik untuk warga Gunungkidul. Beberapa waktu mendatang, sebuah pabrik pengolahan limbah medis akan dibangun di Padukuhan Bangunsari, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin. Diperkirakan, pada tahap awal, pabrik ini akan mampu menyerap tenaga kerja hingga puluhan orang. Dan lantaran merupakan yang kedua di Pulau Jawa, pabrik pengolahan limbah medis di Semin diperkirakan akan menjadi pusat pengolahan limbah medis di kawasan Jawa bagian timur.

Direktur PT Restu Kurnia Bumi Lestari, Ngelmanudin menuturkan, pihaknya telah memasuki persiapan akhir dalam proses pembangunan pabrik pengolahan limbah medis ini. Sejumlah dokumen izin telah dikantongi dari pemerintah maupun rekomendasi dari kementrian.

“Ini sedang menyelesaikan tahapan akhir pertimbangan teknis di Pemkab Gunungkidul,” beber Udin, Kamis (29/07/2021).

Dalam waktu dekat ini, proses pembangunan sendiri akan segera dimulai. Selain perizinan, pihak perusahaan memang telah mempersiapkan budget pembangunan hingga peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Diharapkan dengan persiapan yang matang ini, pembangunan bisa dirampungkan pada tahun ini sekaligus bisa langsung beroperasi.

Dalam persiapan tahap akhir ini, pihaknya memang agak tersendat selama persiapan lantaran adanya kebijakan PPKM Darurat oleh pemerintah. Namun begitu, hal tersebut tidak terlalu signifikan dan semua masih sesuai jadwal yang direncanakan.

“Kami memang berkomitmen untuk melengkapi perizinan terlebih dahulu baru kemudian memulai proses pembanguan. Semua sudah kita siapkan sejak hampir setahun terakhir ini,” beber dia.

“Mungkin Agustus sudah mulai peletakkan batu pertama. Kita akan coba mengundang bapak Bupati Gunungkidul,” sambungnya.

Menurut Udin, adanya pembangunan pabrik milik perusahaannya ini menjadi potensi besar untuk perkembangan daerah. Meski tak seperti pabrik manufaktur yang banyak menyerap tenaga kerja, namun adanya pabrik pengolahan limbah medis ini akan menjadikan kawasan Semin sebagai pusat di bagian timur Jawa. Selama ini, di Pulau Jawa, pabrik pengolahan limbah medis baru ada di Jawa Barat. Sehingga pengolahan seluruh limbah medis berpusat di sana. Dengan beroperasinya pabrik ini, maka hampir dipastikan, kawasan Pulau Jawa bagian timur akan beralih ke Gunungkidul untuk penyetoran pengolahan.

“Kalau di Indonesia setahu saya pabrik semacam ini cuma ada 9, dan di Jawa baru ada 1. Jadi memang ini nantinya pasarnya tidak hanya sebatas DIY saja, tapi juga sebagian Jawa Tengah dan Jawa Timur di sini,” lanjut dia.

Pihaknya berkomitmen akan berkolaborasi dengan pemerintah maupun warga lokal. Ia menegaskan untuk perekrutan tenaga kerja sendiri semuanya akan mengambil dari warga Gunungkidul. Tentunya nanti para calon karyawan akan mendapatkan pelatihan khusus.

Pun demikian dengan kesejahteraan para karyawan, pihaknya menjanjikan akan memberikan hak-hak para karyawan sesuai aturan yang berlaku maupun juga sesuai dengan kemampuan mereka.

“Izin saat proses pembangunan saja kita patuhi, apalagi aturan yang lain saat sudah beroperasi. Silahkan nanti lulusan SMA ataupun SMK bisa mendaftar,” tutup Udin.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler