fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembangunan Kantor BPBD Dilanjutkan, Pemerintah Gelontorkan Anggaran 2,78 Miliar

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sempat tertunda lantaran adanya kebijakan refocussing anggaran untuk penanganan covid19, proyek pembangunan gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul akhirnya dilanjutkan. Gedung yang dibangun di kompleks Siraman ini memang baru dibangun separuh jalan. Adapun untuk tahun 2021 ini, akan dilakukan finishing bangunan tahap 1 dan pembangunan unit pengendalian dan operasi untuk kebencanaan.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Agus Subaryanto menjelaskan, untuk penyelesaian pembangunan gedung BPBD Gunungkidul tersebut, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 2,78 miliar. Saat ini proses pengerjaannya sendiri telah dimulai sejak tanggal 23 Juli 2021 lalu. Untuk proyek sendiri direncanakan akan rampung pada 150 hari kerja.

“Saat ini sudah mulai proses pengerjaan penyelesaian gedung tersebut,” kata Agus Subaryanto, Rabu (01/09/2021) sore.

Menurutnya, pembangunan gedung BPBD tahap II ini memang untuk finishing pengerjaan pada tahap I. Sebab pada tahun anggaran yang lalu, masih ada beberapa yang belum tercover anggaran sehingga memang harus dilanjutkan pada tahap II. Kemudian ditambah lagi dengan pembangunan kantor unit pengendalian dan operasi untuk kebencanaan.

“Gedung ini dibangun lebih representatif untuk menunjang petugas BPBD dalam menjalankan ketugasan mereka.” papar Agus.

Gedung BPBD Gunungkidul menjadi gedung perkantoran pertama yang dibangun di kompleks Siraman ini. Kompleks Siranaman sendiri memang direncanakan akan menjadi kawasan perkantoran terpadu Pemkab Gunungkidul. Yang mana seluruh gedung kantor pemerintahan akan dibangun di kawasan tersebut. Namun demikian, rencana ini diperkirakan akan molor dari jadwal lantaran terjadinya pandemi covid19. Hingga saat ini, baru gedung BPBD Gunungkidul yang bisa terealisasi pembangunannya.

Disinggung mengenai usulan tahun anggaran mendatang gedung apa yang akan dibangun di kawasan tersebut, Agus mengatakan jika saat ini belum ada yang akan dibangun oleh pemerintah. Pihaknya masih menunggu kelanjutan dari rencana yang sudah ada.

“Belum ada, masih sebatas penyiapan lahan,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler