fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Persaingan Semakin Ketat, Pelaku UMKM Dituntut Inovatif

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini diharapkan menjadi tumpuan kemajuan Gunungkidul. Tentu saja, berkembangnya daerah dan persaingan perdagangan yang ketat mendorong para pelaku UMKM untuk lebih kreatif dan inovatif dengan produk yang dihasilkan. Dengan demikian diharapkan terjadi persaingan yang sehat dan dapat disikapi.

Para pelaku usaha juga mengharapkan adanya komunikasi dan perhatian yang lebih dari pemerintah. Pasalnya tak sedikit dari pelaku usaha yang sejak awal merintis usaha dilakukan sendiri tanpa adanya pendampingan yang dilakukan. Menurur mereka, pendampingan dan perhatian dari pemerintah sangatlah diperlukan untuk menggali lebih dalam potensi yang ada.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Gunungkidul, Ag. Ika Vitri. Menurutnya pada era revolusi industri 4.0 pelaku UMKM dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dari segi apapun. Baik dari produk, pemasaran hingga pengelolaannya.

Kita hadir untuk memberikan wadah bagi para pelaku UMKM lain yang jumlahnya cukup besar di Gunungkidul untuk bisa mengeksplore lebih jauh lagi,” ucap Ika.

Menurutnya, sektor UMKM di masa pademi ini benar-benar terdampak. Dengan daya yang dimiliki, mereka harus tetap bertahan demi kesehajteraan mereka. Sehingga sangatlah diperlukan dukungan dan perhatian bagi para pelaku usaha agar tetap bersemangat berinovasi dan meningkatkan kreativitas untuk menciptakan lapangan kerja sehingga mampu meningkatkan perekonomian di Gunungkidul melalui UMKM.

Harapan kami kedepan ada perhatian yang lebih bagi pelaku UMKM sehingga bersama-sama dengan pemerintah membangun UMKM yang berkualitas dan bisa bersaing dengan produk besar di luar daerah,” sambungnya.

Belum lama ini, Forkom UMKM Gunungkidul menemui Bupati Terpilih Sunaryanta, untuk berdiskusi agar UMKM di Gunungkidul kedepan dapat lebih diperhatikan dalam segala hal agar meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Menanggapi hal tersebut, Sunaryanta mengatakan UMKM adalah denyut jantung yang akan memompa arus ekonomi dari bawah ke level selanjutnya. Untuk itulah peran strategis UMKM dalam memperkokoh perekonomian masyarakat harus mendapat perhatian khusus.

Terlebih, mantan anggota TNI Angkatan Darat tersebut juga memiliki visi misi yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan. UMKM kedepan diharapkan juga memiliki pengaruh besar untuk mendorongnya kemajuan Gunungkidul.

Tidak hanya infrastruktrur dan pariwisata, namun juga harus dimajukan. Karena UMKM dengan Pariwisata ini berkaitan erat,” papar Sunaryanta.

Dirinya akan membuka lebar kesempatan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dengan berbagai program yang muaranya tentu untuk kemakmuran rakyat Kabupaten Gunungkidul. Kendati demikian, pada awal ia masuk dipemerintahan akan dilakukan pemetaan sektor apa saja yang perlu segera ditingkatkan.

Mari jalin komunikasi terus,kita maju bersama untuk kemajuan UMKM Gunungkidul,bersama membangun Gunungkidul menjadi lebih baik lagi,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler