fbpx
Connect with us

Sosial

Serangan Jutaan Ubur-ubur di Pantai Selatan, Petugas SAR Kubur Yang Terdampar di Daratan

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Jutaan ubur-ubur menyerbu di kawasan pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul. Sebagai langkah antisipasi agar korban tak semakin banyak, petugas SAR setempat berupaya mengubur binatang laut tersebut. Hingga saat ini, memang telah ada puluhan bahkan hingga ratusan wisatawan yang menjadi korban sengatan ubur-ubur beracun ini.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono menuturkan, jutaan ubur-ubur tersebut tersapu gelombang laut ke daratan sejak beberapa waktu lalu. Namun begitu, binatang ini paling banyak ditemukan pada Kamis (03/07/2020) sore. Marjono menuturkan, jumlah ubur-ubur yang telah terdampar maupun masih di perairan memang sangat banyak. Bahkan menurutnya, jumlahnya diperkirakan mencapai jutaan jika dihitung di seluruh perairan Gunungkidul.

“Iya tersapu gelombang dan mendarat di kawasan pantai Ngrawe ke timur hingga pok Tunggal. Biasanya datang saat air pasang sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Marjono, Jumat (03/07/2020).

Pihaknya berupaya melakukan pembersihan dengan mengambil dan menyapu ubur-ubur yang terdampar di kawasan pantai. Terutama di kawasan pantai Kukup, di mana pantai tersebut telah dibuka untuk wisatawan.

Berita Lainnya  Terjunkan Ratusan Personel, Polres Gunungkidul Bentuk Satgas Khusus Bencana

“Kita kumpulkan dan dikubur agar tidak membahayakan pengunjung pantai,” kata dia.

Saat ini, petugas juga terus melakukan imbauan kepada wisatawan agar tidak memegang binatang laut berumbai berwarna biru. Sebab, banyak korban anak-anak karena memegang ubur-ubur. Bahkan ada yang dilarikan ke klinik karena sesak nafas.

“Kita mengimbau kepada wisatawan yang akan datang untuk tidak jangan bermain air laut dulu,” tandas Marjono.

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan dari data yang masuk jumlah wisatawan tersengat ubur-ubur, mulai hari Jumat (26/06/2020) ada 5 orang. Kemudian pada Minggu (28/06/2020) ada 42 orang, dan Selasa (30/06/2020) ada 17 orang. Rabu (01/07/2020) ada 17 orang.

Berita Lainnya  Merasa Dicurangi Dengan Kecilnya Nilai Ganti Rugi Lahan Terdampak JJLS, Warga Pingsan dan Sampai Terserang Stroke

“Hari ini total ada 33 orang yang tersengat ubur-ubur. Jika ditotal semuanya sejak Jumat, sudah ada 114 orang tersengat ubur-ubur,” kata Suris.

Dari ratusan orang yang tersengat ada tiga orang yang harus dilarikan ke klinik karena sesak nafas. Untuk itu dirinya juga menginformasikan kepada wisatawan agar sebisa mungkin menghindari binatang laut yang kerap di sebut impes tersebut.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler