fbpx
Connect with us

Sosial

Tolak Tawaran Ganti Nama, Pintaku Tiada Dusta Justru Terpacu Wujudkan Harapan Orang Tuanya

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Sambungan kata Pintaku Tiada Dusta bagi sebagian besar orang mungkin menebak bahwa ini adalah judul lagu ataupun lirik puisi. Namun siapa sangka ternyata kata-kata ini merupakan nama seseorang. Pintaku Tiada Dusta sendiri adalah nama salah seorang staf Tenaga Harian Lepas di Bidang Penetapan dan Bina Pendapatan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul. Sejak lahir, nama pemberian orang tua itu telah disandang.

Meski cukup aneh dan unik, kepada pidjar.com, pria 29 tahun ini mengaku bangga dengan namanya. Tidak sedikitpun terbesit keinginannya untuk merubah nama meski memang hampir dipastikan selalu menjadi bahan pembicaraan orang-orang yang pertama kali mendengarnya. Diceritakannya, pada saat duduk di bangku Sekolah Dasar, ada salah seorang gurunya yang sempat menawarinya untuk berganti nama.

“Ya ini kan pemberiam dari orangtua, tidak ada niatan sedikitpun dari dulu sampai sekarang untuk berganti nama,” ujar putra pasangan Priyatmo Subarkah dan Rinakarwati saat ditemui di kantornya, Kamis (09/07/2020).

Memiliki nama unik tentu saja menyimpan berbagai pengalaman mengesankan sepanjang hidupnya. Salah satunya yang paling berkesan adalah, saat masih SMP, pria lajang yang bertempat tinggal di Desa Bendung, Kapanewon Semin ini pernah tiba-tiba dipanggil kepala sekolah.

Berita Lainnya  Tunggu Kebijakan KPU RI Terkait e-Rekap, TPS Pilkada Akan Dilengkapi Internet

“Saat itu sempat deg-degan, tapi ternyata saya malah dikasih amplop berisi uang,” ujar dia.

Menurutnya, uang tersebut merupakan honor dari salah seorang teman kepala sekolahnya yang menulis di rubrik sungguh-sungguh terjadi pada salah satu koran harian. Bisa ditebak, teman kepala sekolahnya itu menulis perihal adanya nama unik yang disandangnya. Adapun honor dari hasil tulisan yang dimuat ini kemudian diberikan kepadanya.

“Dan hasil honornya dikasihkan kepada saya,” jelasnya.

Lulusan akselerasi SMA N 1 Wonosari tersebut menyimpan sebuah asa. Ia ingin mewujudkan doa orangtuanya tersebut dengan menjadi seseorang yang amanah. Dipaparkan Pinta, sapaan akrabnya, nama ini sebenarnya adalah doa dari kedua orang tuanya. Harapannya, ia bisa menjadi manusia yang amanah dan bisa dipercaya.

Berita Lainnya  Sebagian Besar Masyarakat Hanya Lulus SD, IPM Gunungkidul Masih Rendah

“Saya jadi termotivasi untuk selalu jujur, sesuai dengan nama saya,” tandas Pinta.

Tak hanya pengalaman mengesankan, nama Pintaku Tiada Dusta sendiri juga membuatnya seringkali harus menjadi bahan olok-olok dari kawan-kawannya. Namun hal itu hanya ia anggap sebagai angin lalu dan tak pernah sekalipun dianggapnya sebagai sebuah masalah.

“Ya sempat dibuli, tapi saya juga sudah lupa,” pungkas dia.

Sementara itu, ayah Pinta, Priyatmo Subarkah, saat dikonfirmasi pidjar.com menceritakan, tidak ada hal apapun yang melatarbelakangi nama unik putra sulungnya itu. Ia hanya ingin, ketika dewasa nanti, sang putra tidak menjadi pembohong.

“Sederhana saja, dari pada saya bikin nama yang sulit dengan arti yang tersirat, sederhana nama anak saya Pintaku Tiada Dusta agar menjadi anak yang selalu amanah,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler