fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Upaya Pemkab Gunungkidul Dongkrak Popularitas IKM Lokal

Diterbitkan

pada

BDG

Paliyan, (pidjar.com)– Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul terus berupaya untuk mendongkrak popularitas Industri Kecil Menengah (IKM) Lokal Gunungkidul. Berbagai kegiatan diikuti dan diadakan agar para pengusaha rumahan ini memiliki ruang untuk berkembang dan mempromosikan produk mereka. Salah satunya adalah bazar yang diadakan di Pasar Pahing, Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan.

Sub Koordinator Promosi dan Pengembangan Usaha, Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Gunungkidul, Eko Susilo mengatakan jumlah pelaku IKM di Kabupaten Gunungkidul sangat banyak. Belum semuanya terfasilitasi untuk promosi lebih jauh kembali. Maka dari itu, secara bergantian pemerintah mengajak pelaku industri untuk mengikuti kegiatan bazar, pameran dan lain sebagainya dengan tujuan mengenalkan produk mereka ke masyarakat luas dan wisatawan. Sehingga kedepan berdampak pada kemajuan produk, pengemasan serta jangkauan pemasaran produk industri mereka.

Berita Lainnya  Kasus Leptospirosis di Gunungkidul Alami Penurunan Drastis

Rabu (15/03/2023) pagi tadi ada sedikitnya 20  pelaku IKM lokal Gunungkidul yang mengikuti bazar di Pasar Pahing, Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan. Produk asli daerah yang ditampilkan mulai dari makanan tradisional, olahan camilan yang dikemas menarik untuk oleh-oleh, produk kreasi kriya, dan minuman khas daerah. Antusias para IKM ternyata luar biasa, masing-masing menyuguhkan produk terbaik mereka agar laku keras di bazar yang digagas oleh Dinas Perdagangan tersebut.

“Kami adakan Bazar di Pasar Pahing ini untuk memberikan wadah promosi bagi para pelaku IKM lokal Gunungkidul. Tidak dipungkiri memang salah satu kelemahan dari produk-produk asli Gunungkidul adalah pengenalan produk atau promosi masih kurang dilakukan, nah kami sebagai mitra berupaya memfasilitasi dan memberikan arahan,” kata Sub Koordinator Promosi dan Pengembangan Usaha, Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Gunungkidul.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan produk-produk rumahan bisa berkembang lebih maju dari segala sisi. Sehingga mampu bersaing dengan produk lain yang lebih dulu dikenal oleh masyarakat maupun wisatawan.

Berita Lainnya  Gunungkidul Pesimis Program Dana Desa Untuk Padat Karya Direalisasikan Tahun Ini

“Pelaku industri makanan, kriya dan lain sebagainya harus lebih siap, kreatif dan inovatif kembali dalam mengemas serta mempromosikan produk mereka. Sebagai daerah tujuan wisata, sektor kami ini juga harus siap dalam menangkap peluang yang ada dengan menyediakan oleh-oleh baik makanan ataupun cindera mata yang menarik,” imbuh Eko.

Bazar tadi pagi juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan untuk menarik perhatian masyarakat mulai dari senam masal, pasar murah dan hiburan rakyat electone/ campursari.

“Panggung hiburan sampai dengan sekarang ini memiliki magnet tersendiri untuk menarik perhatian masyarakat agar terlibat dan datang di sebuah acara. Makanya kami berupaya mengemas bazar ini semenarik mungkin.” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler